Logo STAIN

merangkai kata menata warna agar kehidupan lebih bermakna

RPP berbasis Pendidikan Karakter (EEK)

Dalam pelaksanaan pembelajaran, pendidikan karakter terintegrasi dalam setiap materi pelajaran. Karena sesungguhnya pendidikan karakter bukan materi yang berdiri sendiri dengan muatan kurikulum sendiri pula. Adapun dalam RPP, dan setiap nilai utama tersebut dapat dimasukkan ke dalam pembelajaran mulai dari kegiatan eksplorasielaborasi, sampai dengan konfirmasi.

  1. Eksplorasi dengan memasukkan nilai karakter seperti yang diharapkan misalnya dengan menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras), melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip belajar dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama), memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan), melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri), serta memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kerja keras).
  2. Elaborasi bisa ditempuh dengan membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis); memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun); memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis); memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab); memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai); memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama); memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama); memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama); memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama).
  3. Konfirmasi, penyatuan nilai karakter bisa diwujudkan dalam bentuk memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis); memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, logis, kritis); memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan); memfasilitasi peserta didik untuk lebih jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Contoh RPP Berbasis Karakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                  :   MIN Kecandran Salatiga

Mata Pelajaran    :   Matematika

KelasSemester      :   VI/1

Pertemuan Ke-     :   1-3

Alokasi Waktu      :   6 x 35 menit

  1. Standar Kompetensi    :         Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
  2. Kompetensi Dasar  : Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK
  3. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Melakukan pekerjaan hitung campuran
  • Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

4. Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 5. Materi Ajar

       Operasi Hitung Bilangan  Bulat

  • Sifat-Sifat Operasi Hitung
  • Pengerjaan Hitung Campuran
  • Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK

6. Metode Pembelajaran

games, diskusi

 7. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1

  • Kegiatan Awal

-      Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.

  • Kegiatan Inti
    • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru: Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru: Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa,

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 2

  • Kegiatan Awal

-      Motivasi dan apersepsi

  • Kegiatan Inti
    • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 3

  • Kegiatan Awal

-      Memberikan motivasi.

-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.

  • Kegiatan Inti
    • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.

Merefleksi proses dan hasil belajar.

8. Alat/Sumber Belajar

  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
  • Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

9. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Melakukan pekerjaan hitung campuran

 

  • Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

 

Tugas IndVidu

Laporan buku pekerjaan rumah

 

  • Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat!
  • Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat!
  • Tuliskan kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
  • Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan
  • 4.655 + 3.561 = ….
  • 454 x 235 = …

 

 

Format Kriteria Penilaian

    No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                        Salatiga,    Juli 2012

Mengetahui                                                                         

Kepala Madrasah                                                       Guru Mapel Matematika

 

 

Agus Rahmad Yuwanta, S.Pd                                   Ruchani, S.PdI

NIP . 196108161985031004                                 NIP . 198106182007101003

 

 

Leave a Reply